Thursday, March 3, 2016

Mengatasi PC/Laptop Anda Lemot Saat Booting Window 7

pc lemot saat booting
Mungkin diantara teman-teman pernah mengalami notebook atau PC agan lemot saat booting window 7 dan hal itu tentu saja membuat kita kesal dan jengkel. Bayangkan butuh beberapa menit untuk memulai melakukan aktifitas dengan PC atau Netobook kita. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya mungkin bisa saja dari hardware untuk mendapatkan booting window yang cepat mungkin agan harus meng-upgrade komponen hardware pad PC atau notebook agan misalnya RAM, Processor atau pun VGA card, tetapi yang akan saya bahas disini adalah faktor dari software di window 7 itu sendiri

Nah berikut saya akan memberikan tip untuk mengatasi PC atau netobook agan yang lemot pada saat booting window 7. mari di simak cara-caranya berikut ini.

1. Matikan Start-up yang tidak berguna

Meskipun agan udah berhati-hati dalam mengintal software, tetap saja item yang perlu didisable tidak sedikit, cara nya pergi ke System Configuration dengan mengetik ''msconfig" tanpa tanda kutip di Run atau bisa dengan menekan shortcut Window + R lalu ketik "msconfig" dan klik Ok kemudian pilih tab Startup lalu agan bisa mengklik Disable All di sudut kanan bawah dan kemudian agan bisa meng-enable item yang agan inginkan tetapi jangan di disable kan semua ya gan. hilangkan centang item-item yang tidak berguna saja.

2. Space Hard disk

Biasa nya kita mengintsal System window di drive C dan boleh saja menyimpan beberapa file di drive tersebut.
Tetapi pastikan free space nya jangan sampai hanya tersisa sedikit atau bila indikator drive udah merah sebaikna hapus file-file yang tidak penting atau bisa pindahkan ke storage yang lain jika ternyata file itu sangat penting buat agan.

3. Gunakan Tool Disk Cleanup 

Tool ini berfungsi untuk menghapus file-file sampah seperti temporary files, restore point, log files, dan file yang berada di Recycle bin secara permanen.Atau agan bisa juga menggunakan tool-tool dari pihak ketiga misalnya CCleaner yang ringan.

4. Menggunakan Antivirus

Pastikan PC atau notebook agan punya antivirus baik yang free atau pun yang pro, kalo gak punya bisa berbahaya bagi system. Selalu lakukan scaning virus menggunakan antivirus anda setiap waktu minimal 1 minggu sekali.

5. Rapikan Desktop 

Sebaiknya mulai sekarang rapikan tampilan desktop PC atau notebook agan, lho emang berpengaruh? Jawaban nya YA! Dengan banyaknya shorcut atau file yang tersimpan di desktop dapat memperlambat startup PC atau notebook agan. Dengan banyak nya ikon-ikon shorcut ataupun file yang berada di desktop maka komputer juga membutuhkan banyak daya untuk menampilkan nya terutama pada saat startup apa lagi spek PC atau notebook kita yang pas-pasan atau keluaran jaman penjajahan ini pasti akan membuat startup window kita jadi lemot. Sebaiknya letak beberapa shorcut saja misalkan 10-11 shorcut dan jangan menyimpan file agan di desktop.


Nah mungkin itu saja tip dari saya mengenai cara Mengatasi PC/Laptop Anda Lemot Saat Booting Window 7. Ya masih banyak cara yang lain sebenarnya tetapi cara yang di atas adalah cara yang paling utama yang terbukti ampuh untuk kita lakukan agar PC atau notebook agan tidak lemot saat booting window. Mudah-mudah bermanfaat untuk aganpagan semua. Terimakasih sudah berkunjung dan Keep Enjoy!
Disqus Comments