Thursday, March 3, 2016

Bagaimana Cara Robot Curiosity Foto Selfie Di Mars?

Curiosity adalah sebuah robot penjelajah berukuran mobil menjelajahi Kawah Gale di Mars sebagai bagian dari misi NASA Mars Science Laboratory (MSL).

Robot ini diluncurkan dari Cape Canaveral pada tanggal 26 November 2011, menggunakan pesawat ruang angkasa MSL dan berhasil mendarat di Aeolis Palus di Kawah Gale di Mars pada 6 Agustus 2012. Dan baru-baru ini robot tersebut mengirim foto selfie terbaru nya. Lalu pertanyaannya, Bagaimana Cara Robot Curiosity Foto Selfie ?


gambar selfie robot curiosity
Foto selfie robot Curiosity dari kombinasi gambar yang di ambil kamera Mars Hand Lens Imager MAHLI pada Sol 1126 ( 6 oktober 2015 ) Credit: NASA/JPL-Caltech/MSSS


Itu lah pertanyaan yang selama ini selalu bikin penasaran saya, Karena di foto tersebut tidak nampak lengan dari robot tersebut yang seperti kebanyakan orang melakukan foto selfie. Di foto tersebut tampak robot curiosity seakan-akan ada yang memfotonya dari depan.

Setelah saya googling ternyata foto selfie tersebut hasil dari penggabungan beberapa foto yang disatukan tepat nya ada 57 foto yang digabungkan hasil dari jepretan kamera Mars Hand Lens Imaginer (MAHLI) yang ada di lengan robot curiosity.

57 foto hasil jepretan kamera MAHLI itu di kirim oleh robot curiosity ke Jet propulsion Laboratory JPL kemudian di satukan melalui pengeditan yang dilakukan oleh ilmuan NASA dengan sedimikian rupa dan jadi lah seperti gambar di atas.

ternyata begitu cara nya robot curiosity melakukan selfie masuk akal juga sih dan bagi agan yang ingin melihat koleksi foto dari robot Curiosity menggunakan kamera MAHLI pada sol 1126 dapat melihat nya DISNI.


Nah itu lah ulasan singkat saya tentang bagaimana robot Curiosity melakukan selfie dan sudah menjawab pertanyaan saya yang selama ini selalu tersimpan di hati saya hehe. semoga bermanfat buat teman-teman semua terimakasih sudah berkunjung dan Keep Enjoy!
Disqus Comments