Friday, March 4, 2016

5 Add-ins Office Untuk Mendukung Kerja Anda

gambar office
Bagi teman-teman yang sering bekerja dengan Office rasa nya perlu untk menambah add-ins supaya  pekerjaan menjadi lebih mudah. Add-ins merupakan program-program pendukung yang ditambahkan pada suatu program untuk memperluas fungsi program tersebut. Microsoft Office dengan ketenarannya telah banyak digunakan untuk membantu pekerjaan kita, tapi Office juga memiliki keterbatasan sehingga menjadikannya kandidat yang cocok untuk add-ins. Microsoft sendiri telah menyediakan sejumlah add-ins, tetapi sebagian besar add-ins di buat oleh pihak ketiga dan banyak yang gratis. Nah berikut ini saya akan memberikan 5 daftar add-ins yang sering digunakan mari kita simak bersama-sama.


1. MathType

MathType adalah add-in untuk membuat simbol matematika di word. Add-in ini cocok untuk teman-teman yang ingin membuat dokument teknik, sains dan matematis. MathType ini memiliki ratusan simbol yang dapat diakses dari keyboard,  dengan kompatibilitas berbagai sistem untuk mengimpor dan mengekspor rumus, seperti MathML, teks atau texvc. Dengan MathType, teman-teman dapat mengubah atau memindahkan setiap bagian dari Rumus yang tersedia. Ada sembilan tab yang menawarkan akses cepat ke fitur yang sering digunakan, termasuk yang kita tambahkan sendiri. Tetapi Microsoft sendiri menawarkan add-in Microsoft Math. Add-in ini berfungsi untuk mempermudah pembuatan grafik, melakukan perhitungan dan menghitung variabel di word.

2. CrossEye

Jika teman-teman bekerja dengan word yang panjang tentu memutuhkan waktu yang banyak untuk mengedit format dokument tersebut. CrossEyes dapat membantu teman-teman memecahkan masalah ini dengan menampilkan satu jendela di bagian bawah dokumen yang akan menunjukkan kode formatting dengan teks dokumen. Selain itu, setiap jenis coding ditampilkan dalam warna yang berbeda dan CrossEyes akan membantu teman-teman belajar bagaimana word benar-benar bekerja.

3. MZ-Tools

Add-in ini digunakan untuk menulis kode VBA, jika teman-teman ingin menulis kode VBA maka add-in ini cocok untuk teman-teman. Fitur-fitur yang ada di dalamnya akan membantu teman-teman untuk meningkatkan produktivitas coding teman-teman dan merancang bentuk, untuk memastikan kualitas kode yang kita buat. MZ-Tools ini sangat mudah digunakan. Add-in ini menyediakan menu utama, toolbar, menu konteks dan shorcut yang disesuaikan untuk mengakses fitur-fiturnya. MZ-Tools ini sepenuhnya mendukung C # dan Visual Basic NET, VB6, VB5 dan VBA.

4. Naration Timing Tweaker 

Pada Power Point, teman-teman bisa memasukkan narasi audio untuk memperkaya atau memandu slide show. Jika ada suatu even yang butuh tweaking, teman-teman pastinya harus memulai dari awal dan sulit dilakukan pada waktu pertama kali dan untuk kedua kali. Naration Timming Tweaker memungkin teman-teman untuk memperbaiki narasi dari slideshow yang teman-teman buat.

5. PPTool Merge

Sulit membayangkan untuk menggaungkan persentasi Power Point., Tapi jika teman-teman membutuhkan fitur tersebut teman-teman dapat menggunakan add-in PPTool Merge. Add-in ini dapat menggabungkan file Excel kedalam teks box, file gambar, note, dan hyperlink Power Point. Teman-teman bisa menggabungkan data,gambar,video,suara dan file teks eksternal. Contohnya teman-teman bisa menggunakan add-in ini untuk mencetak sertifikat penghargaan untuk peserta seminar.

6. Save As PDF or XPS

Sebenarnya fitur ini sudah tersedia pada Office 2007 SP2 dan Office 2010 tetapi saya masukan saja disni sebagai add-in karena bagi teman-teman yang menggunakan office 2007 SP1 tentunya tak diragukan lagi bahwa fitur Save as PDF or XPS ini sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan karena format PDF ini sangat fleksibel dan universal serta XPS merupakan standar berbasis XML yang mendukung indepedensi perangkat dan resolusi yang dikembangkan oleh Microsoft.


Nah itulah ulasan singkat saya tentang 5 Add-ins Office yang bisa mendukung kerja kita walau pun sebenarnya masih banyak Add-ins yang lainnya tapi yang di atas merupakan yang paling populer yang sering digunakan.. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekian dari saya jika ada yang salah mohon di maafkan. Terimaksih Keep Enjoy!
Disqus Comments