Monday, February 29, 2016

8 Planet Diluar Tata Surya (Exoplanet) Yang berpotensi Layak Huni

ilustrasi ruang angkasa penemuan exoplanet
Mungkin kita sering berpikir apakah kita sendirian di alam semesta yang luas ini. di galaksi kita sekarang ini Bimasakti (Milky way) saja ada sekitar 200 milyar bintang, dan galaxy Bimasakti ini termasuk galaksi yang kecil dibanding galaksi lainnya dan bayangkan di alam semesta ini ada sekitar 100 miliyar galaksi.Mungkin susah untuk kita membayangkannya betapa kecil nya bumi kita dan betapa kecilnya diri kita bila dibandingkan dengan isi alam semesta yang lain. Setiap malam di langit yang cerah kita pasti bisa melihat banyak bintang-bintang bersinar di langit. Mungkin agan pernah bertanya dalam hati apakah ada planet di luar sana yang mempunyai kehidupan layaknya bumi, kalo ada di mana letaknya, dan apakah bisa kita pergi kesana? Pertanyaan tersebut juga sering terlintas di pikiran saya, jawabannya adalah ada di ujung langit. Tapi saya percaya bahwa ada kehidupan di luar sana walaupun mungkin tidak seperti manusia bisa saja sejenis mikroba bakteri atau makhluk-makhluk kecil lainnya. 

Nah bicara tentang planet yang dapat di huni selain bumi di luar tata surya kita berdasarkan katalog (Exoplanets) planet di luar tata surya (Pada Januari 2016), mendaftar 32 planet yang memiliki kesempatan terbaik untuk kehidupan di luar tata surya kita. Tidak semua planet ini dikonfirmasi, dan masih banyak yang harus dipelajari tentang lingkungan mereka. Akan tetapi katalog ini memberikan para pakar astrobiologi permulaan yang baik ketika berbicara tentang kehidupan di luar bumi.

Berikut merupakan daftar planet di luar tata surya yang mungkin terdapat kehidupan karena berada dalam Goldilock Zone ( Zona dimana sebuah planet terletak tidak terlalu jauh atau tidak terlalu dengan dengan bintang nya ) menurut studi di University of Puerto Rico.

1. Kepler-186f
Astronomer Nasa melalui teleskop canggih nya telah menemukan planet pertama se ukuran bumi yang berada di Goldilock Zone yang memungkin kan ada nya air berbentuk cair di permukaan planet tersebut. Meskipun ukuran Kepler-186f sudah diketahui tapi massa dan komposi planet ini tidak diketahui akan tetapi penelitian sebelumnya menjukkan kalo permukaan planet ini cenderung berbatu.  

kepler -186f

Planet Kepler-186f ini terletak di Kontelasi Cygnus yang berjarak 500 tahun cahaya dari Bumi yang mana menurut ilmuan planet ini mengorbit bintang katai merah (kerdil) yang ukuran nya setengah dari Matahari. Kepler 186f ini mengorbit bintangnya dengan jangka waktu 130 hari dan menerima sepertiga energi dari bintangnya dan kecerahan cahaya bintangnya pada siang hari di planet ini sekitar cahaya matahari di bumi satu jam sebelum matahari terbenam. Berarti siang hari di planet ini sama seperti di bumi waktu senja.


2. Gliese 667Cc
Gliese 667Cc atau dikenal juga sebagai (GJ 667Cc, HR 6426Cc, atau HD 156384Cc) adalah sebuah planet Super Earth di luar tata surya yang berada di konstelasi scorpio yang berjarak 23,36 tahu cahaya dari Bumi. Planet ini mengorbit bintang 667C yang merupakan anggota dari kelompok bintang tiga 667

Gilese 667Cc

Planet ini berukuran sekitar 4,8 kali dari bumi dan berada di Zona Goldilock yang memungkinkan adanya air cair di permukaan planet dan planet ini berjarak sekitar sepersepuluh jarak matahari-bumi. Karena jaraknya dekat dengan bintangnya planet ini hanya membutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk satu kali orbit dengan bintangnya. Nah berarti kalo agan berada di planet GC 667Cc ini agan akan berulang tahun setiap 28 hari sekali, Bayangkan!. Cocok ni bagi yang sering ngucapin Anniversary dengan pacarnya setiap bulan hehe.


3. Kepler-442b

perbandinagn kepler -442b dengan bumi

Kepler -442b adalah planet di luar tata surya yang mengorbit bintang Tipe K selama 112 hari yang berada di zona Goldilock yang terletak di konstelasi Lyra berjarak sekitar 1.120 tahun cahaya dari bumi dan kemungkinan permukaan planet ini adalah bebatuan. Planet ini ditemukan oleh pesawat ruang angkasa NASA, Kepler Spacecraft dan di konfirmasi pada tanggal 6 Januari 2015. 


4. Wolf 1061c 
Planet Wolf 1061c atau WL 1061c adalah sebuah planet yang mengorbit bintang katai merah Wolft 1061 di Konstelasi Ophiuchus, sekitar 13,8 tahun cahaya dari Bumi, sehingga planet ini menjadi yang paling dekat yang dikenal planet berpotensi dihuni seperti Bumi.

gambar Wolf 1061c

Planet ini adalah yang kedua dalam urutan dari bintang induknya didalam sistem tiga planet, dan memiliki periode orbit 17,9 hari. Wolft 1061c ini diklasifikasikan sebagai planet Super-Earth dengan massa 4,3 kali massa bumi dan permukaan planet ini diperikirakan merupakan bebatuan. Planet ini ditemukan oleh penelitian yang dilakukan HARPS selama 10 tahun dengan  Teleskop Observasi di Chili dan d umumkan pada tanggal 17 Desember 2015.


5. Kepler-62f


gambar kepler -62f

Kepler -62f ditemukan oleh Teleskop ruang angkasa Kepler dan di umumkan pada tahu 2013. Planet ini mengorbit bintang yang agak redup dan lebih kecil dari matahari selama 267 hari dan terletak di konstelasi Lyra dengan jarak sekitar 1.200 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini diyakini berada dalam Zona Goldilock dan menurut study yang dilakukan permukaan planet ini tertutup oleh laut. Planet Ini termasuk Super-Earth  yang berukuran 1.4 kali lebih besar dari Bumi.


6. HD 40307 g

posisi hd 40307 g di konstelasi pictor

Planet ini merupakan planet di luar tata surya yang mengorbit pada bintang induk yang berjarak 90 juta Km dan membutuh waktu 198 hari untuk satu kali orbit. Planet ini terletak di selatan Konstelasi Pictor dengan jarak 42 tahun cahaya dari Bumi. Tidak seperti beberapa planet lain yang telah terdeteksi di zona layak huni, planet ini tidak terkunci di orbit pasang surut bintangnya, yang berarti bahwa planet ini memiliki siang dan malam, sangat meningkatkan kemungkinan hidup berkembang di planet ini. Planet ini memiliki kekuatan gravitasi setidaknya dua kali lebih kuat dari Bumi Dan planet itu sendiri ditemukan pada Oktober 2012 oleh gabungan tim astronomi Inggris dan Belanda. Nah ada siang malam gan sama seperti bumi.


7. Gliese 832 c

perbandingan gliese 832 c dengan Bumi

Planet ini merupakan planet di luar tata surya yang diklasifikasi kan ke dalam Planet Super-Earth yang mengorbit bintang katai merah dan berada di Zona Goldilock yang terletak pada konstelasi Grus yang berjarak sekitar 16 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini memiliki Earth Similarity Index sebesar 0,81 yang merupakan salah satu yang tertinggi dari beberapa planet di luar tata surya yang dikenal. Gliese 832 c ini memiliki massa 5,4 kali dari bumi dan susu rata-rata diplanet ini adalah -20°C. Planet ini ditemukan oleh astronom internasional yang dipimpin oleh Robert A.Wittenmyer.


8.  K2-3 d


K2-3 d adalah planet diluar tata surya yang di kenal juga sebagai EPIC 201.367.065. Planet ini mengorbit bintang katai merah yang berada pada Konstelasi Leo yang membutuhkan waktu 44 hari untuk menyelesaikan satu orbit yang sempurna. Diperkirakan permukaan planet ini merupakan besi dan air.


Nah bagaimana menurut agan-agan, apakah agan ingin mencoba pergi ke slah satu planet di atas? klo iya ajak-ajak saya juga gan hehehe. Dan apakah ada kehidupan di planet lain selain di bumi? sekali lagi jawabannya ada si ujung langit. Dan itu sedikit ulasan saya tentang 8 planet diluar tata surya yang berpotensi layak huni seperti di bumi kita ini. Mudah-mudah bermanfaat buat agan-agan semua. Terimaksih udah berkunjung semoga dilancar segala usahanya aamiin. Kalo ada salah tolong di maafin ya gan. Terimaksih Keep Enjoy!
Disqus Comments