Thursday, March 24, 2016

Cara Membuat Postingan Atau Artikel Baru Di Blogspot

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tip cara membuat postingan atau artikel baru pada blogspot dan pada postingan sebelumnya saya sudah memberikan tutorial cara membuat blog di blogspot.

Dan bagi sobat yang sudah memiliki blog tentunya pasti ingin memposting sebuah artikel baru sesuai tema blog yang sobat punya. Bagi yang belum punya blog silakan buat blog dulu hehe, hmm.. baik lah tanpa banyak basa-basi lagi mari kita simak cara membuat postingan atau artikel yang akan di tampilkan pada blog sobat. Berikut cara nya.


Cara membuat postingan di blogspot

1. Untuk pertama kali sobat harus login dulu ke dashbor blog sobat cara tulis alamat url www.blogger.com di addres bar bowser setelah itu klik enter, kemudian akan muncul form login, silakan sobat login menggunakan email gmail yang sobat punya. Kemudian setelah berhasil login sobat akan masuk ke halaman dashbor blog milik sobat, dan untuk langsung membuat posting baru sobat klik tombol pensil atau jika ingin masuk ke menu Pos, sobat gunakan menu dropdown di sebelah kanan tombol pensil dan klik pada menu Pos, disitu akan ada sub menu semua,draf dan diterbitkan.

Cara membuat postingan di blog

2. Setelah meng-klik gambar pensil sobat akan di bawa ke halaman untuk menulis artikel.


Dihalaman ini terdapat banyak menu untuk menunjang produktifitas kita dalam menulis sebuah artikel. dan diantaranya adalah :

Entri judul : kolom untuk mengisi judul artikel
Isi Artikel : kolom untuk tulisan artikel yang akan di buat

Sobat bisa menulis artikel di kolom isi artikel seperti gambar di atas. Tulislah apa yang sesuai dengan tema yang di usung blog sobat. Nah di antara kolom judul dan isi terdapat beberapa menu di antaranya :

1. Compose : Mode biasa dalam menulis artikel
2. HTML : Mode html khusus penulisan dengan kode html
3. Undo : Untuk mengembalikan aturan tulisan sebelumnya
4. Redo : Kebalikan dari Undo
5. Font : Untuk memilih jenis font yang akan dipakai untuk tulisan artikel
6. Font Size : Untuk menentukan ukuran tulisan
7. Format : Format tulisan, contoh Judul, Sub judul
8. Bold : Mempertebal karakter huruf atau tulisan
9. Italic : Tulisan miring
10. Underline : Membuat garis bawah pada tulisan
11. Strikethrough : Memberikan garis pada tengah-tengah tulisan / Mencoret tulisan
12. Text Color : Mennu untuk memberikan warna pada huruf atau tulisan.
13. Text Background Color : Untuk memberikan warna pada latar belakang tulisan
14. Link : Untuk memberikan link pada kata di dalam artikel, bisa link dari blog sobat atau dari blog / website orang lain.
15. Insert image : Untuk menambahkan gambar kedalam artikel yang sobat buat, bisa di upload dari komputer sobat, dari blog, dari handphone, webcam dan dari url website lain.
16. Insert a video : Untuk menambahkan sebuah video, bisa dari komputer, video youtube dan dari handphone sobat sendiri.
17. Jump Break : Untuk memberikan jarak antar paragraf di tulisan / artikel yang sobat buat.
18. Aligment : Mengatur alinea pada paragraf di artikel
19. Number list : Membuat daftar nomor urut di artikel
20. Bullet List : Membuat Daftrar dengan simbol
21. Quote : Untuk menambahkan sebuah kotak atau text box untuk tulisan-tulisan yang penting agar artikel yang di buat menjadi lebih rapi.
22. Remove Formatting : Menghapus format pada tulisan artikel.
23. Check Spelling : Mengecek ejean pada kata di dalam artikel

3. Sekiranya sobat sudah selesai menulisa sebuah artikel, maka artikel perlu di publikasikan sobat bisa klik tombol publikasi pada bagian kanan atas. Namun, sebelum mem-pulikasikan artikel yang telah sobat buat ada baiknya sobat lihat beberapa menu yang ada pada bagian kanan. Sobat bisa atur terlebih dahulu artikel yang ingin sobat publis di antaranya ada setelan :


Label : Untuk menambahkan label yang terkait dengan artikel yang sobat buat, dan ini akan menjadi kategori pada blog sobat
Jadwal : Untuk mengatur tanggal artikel yang di buat
Link : Membuat link atau tautan permanen untuk artikel yang sobat buat, bisa di stel khusus dan otomatis
Lokasi : Untuk menambahkan lokasi dimana sobat membuat artikel.
Deskripsi penelusuran  : Sobat bisa menulis deskripsi singkat tentang artikel yang sobat buat yang mana nanti akan tampil di penelusuran google
Pilihan : Sobat bisa men-setting artikel untuk bisa dikomentari atau tidak oleh pengunjung blog sobat.

4. Setelah mengatur artikel, sobat bisa klik menu pratinjau / preview untuk melihat keseluruhan isi artikel yang sobat buat sebelum di publikasikan, jika sudah sesuai dan yakin untuk mempublikasi kannya klik pada menu Publikasi di bagian atas kanan halaman. Dan jika telah selesai dipublikasi klik menu tutup lalu akan kembali pada menu post dan sobat bisa lihat artikel di draft atau pun artikel yang sudah di publikasikan.

Nah sekian dulu dari saya semoga bermanfaat dan selalu Enjoy!

Disqus Comments