Monday, March 7, 2016

Cara Membuat Bootable Windows di USB Flash Disk Dengan Command Prompt

membuat bootable window di usb hardilist.blogspot.com
Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara membuat bootable window di flashdisk tanpa software hanya menggunakan Command Prompt (CMD) di Window. Pada saat sekarang ini menginstall Window di PC/Laptop dengan Flashdisk memang menjadi pilihan yang menarik karena lebih efesien dan lebih responsif ketimbang menginstal window dengan CD/DVD karena biasa nya installer Window di CD/DVD cepat rusak atau sering tergores pada permukaan CD/DVD nya yang tentunya hal ini akan menghambat kita untuk melakukan proses penginstalan Window di PC/Laptop kita dan pastinya membuat kita stress. Cara membuat bootable di flashdisk ini mungkin bukan trik baru tapi tidak ada salah nya kalo saya membagikan tutorial ini ke sobat yang belum tau dan yang ingin belajar tentunya.

Dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam tutorial kali ini, Bahannya sebagai berikut :
Flashdisk minimal 4 GB ( Saya menggunakan 8 GB)
DVD Installer Window 
PC/Laptop yang memiliki DVD Drive
Nah setelah bahan-bahan nya lengkap langsung saja tanpa basa-basi lagi mari kita simak cara membuat bootable window di flashdisk menggunakan Cmd, cara nya adalah sebagai berikut :

1. Masukkan Flashdisk ke port usb di PC/Laptop Sobat, Bila ada file penting di dalam flashdisk sebaiknya di backup terlebih dahulu. Karena flashdisk nantinya akan di format.

2. Setelah itu buka Command Prompt dengan cara tekan "Window + R" di keyboard sobat lalu enter.

3. Setelah muncul jendela Command Prompt ketik DISKPART dan tekan enter.

4. Setelah itu akan muncul jendela DISKPART lalu ketik LIST DISK kemudian tekan enter dan akan muncul list drive dan size nya. Untuk mengetahui yang mana Flashdisk dan Hard Disk yang sobat punya lihat lah pada size nya, disini contoh Flashdisk saya size nya 1734 MB dengan nama DISK 1

5. Kemudian ketikkan perintah berikut ini SELECT DISK 1 ( ingat jangan sampe salah pilih kalo gak mau nyesel :D)

6. lalu ketik perintah-perintah berikut ini berurutan :
CLEAN tekan enter.
CREATE PARTITION PRIMARY tekan enter.
SELECT PARTITION 1 tekan enter.
ACTIVE tekan enter.
FORMAT FS=NTFS lalu tekan enter
Tunggu sampai 100% complete. Ini akan membutuhkan waktu yang agak lama, ya sabar aja :D dan setelah 100% Complete ketik EXIT. dan tutup juga jendela Command Prompt.

7. Masukkan DVD Window yang sobat punya kedalam DVD Drive di PC/Laptop sobat.

8. Copy semua file dari DVD Window yang sobat punya ke Flashdisk, Ingat semua file harus ter-copy ke Flashdisk ya sobat. Sebaiknya matikan dulu antivirus di PC/Laptop sobat.

9. Lalu setelah itu buka lagi Command Prompt (cmd) melalui Administrator kemudian ketikkan perintah dibawah ini :
e:\boot\bootsect.exe  /nt60 g:
Note :"e" merupakan drive DVD instaler Window berada dan "g" merupakan drive dari Flashdisk. Sesuaikan dengan punya sobat.
kemudian Setelah sukses maka sekarang Flashdisk sobat  sudah bisa buat bootable Window. Sama seperti install Window dengan CD/DVD setting pilihan boot pertama pilih Flashdisk sobat di bios atau pun pilih menu pilihan boot yang tersedia di layar sewaktu PC/Laptop sobat pertama kali di hidupkan dan yang pastinya setiap PC/Laptop berbeda tombolnya.

Screenshoot :

cara boot window dengan flashdisk cmd





















Oke sekian dulu dari saya, jika ada yang mau ditanyakan silakan komentar di bawah. Semoga bermanfaat! terimakasih sudah berkunjung and Keep Enjoy!
Disqus Comments