Monday, February 22, 2016

Memanfaatkan Hard disk bekas PC/Laptop Untuk Dijadikan Hard disk Portable

Selamat malam gan. Pada postingan kali ini saya akan membagi tip tentang memanfaatkan hard disk dari PC/Laptop agan yang rusak. Barangkali agan-agan memiliki PC/Laptop yang sudah rusak dan terbengkalai dirumah agan yang mungkin agan ingin membuang nya atau menjual nya kepada tukang loak.

Tapi tunggu dulu gan sebelum agan menjual nya ke tukang loak coba agan periksa atau bongkar  PC/Laptop agan itu siapa tau ada benda yang bisa di manfaatkan. Contoh nya Hard Disk kan. Bila Agan mempunyai PC/Laptop yang rusak tidak bisa lagi dijalankan ada kemungkinan hard disk nya tidak ikut rusak (kecuali memang kerusakan PC/Laptop agan terletak pada hard disk nya, ya tentu harus diganti dengan yang baru). Lalu coba agan bongkar PC/Laptopnya dan agan temukan benda yang mirip kotak kecil seperti gambar di bawah ini.

Gambar Hard Disk. Kiri PC / kanan Laptop

Nah itu lah yang namanya Hard Disk gan. Benda tersebut fungsinya adalah tempat data-data atau file-file agan yang selama ini agan akses tersimpan. Nah jika PC/Laptop agan rusak benda ini bisa kita ambil dan dijadikan Hard disk portable fungsinya sama seperti flashdisk cuma bentuk fisik nya lebih besar.

Terus gimana cara nya? caranya adalah dengan menggunakan alat yang namanya CASE HARD DISK atau casing hard disk. Terus cara mendapatnya dimana? gampang agan tinggal pergi ke toko komputer dan aksesoris disana banyak tersedia case hard disk dengan bermacam model dan merk harga mungkin sekitar Rp.100.000 untuk laptop dan yang untuk PC sepertinya lebih mahal sedikit karena bentuk nya yang agak besar dan ada dua tipe dari case ini yaitu IDE dan SATA. Untuk PC/Laptop keluaran terbaru menggunakan SATA dan PC/Laptop keluaran jaman dulu menggunakan IDE, perbedaan diantara keduanya salah satunya adalah pada colokan/port atau connectornya. Dan terakhir jika agan tidak bisa memasang nya minta sekalian orang yang punya toko pasangin hehe.

Naaahh itu lah sekilas tip saya tentang Memanfaatkan Hard disk bekas PC/Laptop Untuk Dijadikan Hard disk Portable. Semoga bermanfaat buat agan-agan. Terima Kasih telah berkunjung dan tepat semangat!



Disqus Comments