Monday, February 22, 2016

Jangan lakukan 5 Hal ini Jika ingin Laptop Anda Awet dan Tahan Lama


Selamat siang bloggers apa kabar? mudah-mudahan selalu sehat dan lancar dalam aktivitasnya. Jadi gini gan, kali ini saya akan share tentang hal-hal yang jangan dilakukan bila ingin Laptop anda agan awet dan tahan lama.

Pada zaman sekarang laptop merupakan alat yang sangat dibutuhkan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari baik itu untuk mengolah data berupa teks, gambar, video dan lain-lain. Semua orang rata-rata sekarang memiliki yang nama nya laptop karena alat ini sangat kompak dan mudah di bawa kemana untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantor, ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Nah dikarenakan laptop ini sangat berguna maka dari itu kita juga harus menjaga nya dengan baik. Kita tidak boleh melakukan hal-hal yang sifatnya merusak laptop itu sendiri. Hal apa saja yang tidak boleh dilakukan itu? jawabnya mari kita simak ulasan saya berikut in.

1. Jangan Membanting Laptop

Hehe.. jadi begini gan ada kala nya kita stress dengah pekerjaan kita lalu  membuat hati kita panas dan melampiaskan ke benda dan benda itu adalah laptop agan sendiri maka agan membanting laptop agan hal ini akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal, karena akibat ulah agan ini komponen yang ada pada laptop agan akan tercerai berai seperti fuzzel dan akan sulit untuk memperbaiki nya atau merakitnya kembali, disamping itu harga nya cukup menguras kantong jika akan ingin membeli yang baru lagi, jadi sebaiknya hindari lah melakukan perbuatan keji itu. hehe

2. Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Kasur

Sifat malas adalah salah satu sifat alamiah manusia, jadi gak heran kalau kita sering malas-malasan dirumah saat bekerja dengan laptop contoh nya kita menggunakan nya diatas kasur temat tidur kita, hal ini akan mengganggu dari kinerja processor laptop itu sendiri karena processor itu mengeluarkan udara panas sedangkan kasur itu berbahan empuk dan menyerap panas sehingga panas bakal ketemu panas yang artinya bakal tidak baik dan percayalah hal ini akan menyebabkan kerusakan pada laptop. sebaiknya gunakan bidang datar seperti meja yang khusus untul Laptop/PC.

3. Jangan Melepaskan Baterai Saat Menggunakan Laptop

Ada kala nya kita melepaskan baterai laptop pada saat menggunakannya dengan alasan tertentu. Tetapi sebaiknya jangan lakukan hal seperti ini, karena baterai disini selainnya sumber daya fungsi juga sebagai stabilisator atau penstabil listrik yang terhubung ke laptop, jadi saat agan menggunakan laptop tanpa baterai dan terhubung ke listrik maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada pada laptop karena listrik yang diterima oleh laptop tidak stabil (pasti tau lah listrik di indonesia bagaimana) atau ketika agan menggunakan tiba-tiba mati lampu yang membuat lapto agan langsung mati hal ini tidak baik bagi komponen-komponen yang ada pada laptop. Jadi untuk mengindari kerusakan ini jangan cabut baterai pada waktu menggunakan laptop.

4. Mencharge Laptop Seharian

Ini ada lah salah satu kebiasan kita entah karena lupa atau hal lainnya kita kadang lupa untuk mencabut charger laptop walaupun baterai sudah terisi penuh 100%. Mencharge laptop seharian atau terus menerus dapat memperpendek umur baterai itu sendiri dan akibatnya baterai bisa turun ketahanannya dan lama-kelamaan laptop kita akan berevolusi menjadi PC (kemana-mana harus colok ke listrik hehe ). Sebaiknya jika baterai telah terisi full 100% cabut Charger laptop agan lalu jika baterai sudah berkurang sekitar 20% colok lagi charger nya, begitu terus sampai Indonesia bebas dari koruptor. hehe

5. Hindari Menindih Latop Saat Laptop Tertutup Dengan benda Berat

Jangan menindih laptop agan dengan benda-benda yang berat misalnya batu, atau sepeda motor di atas laptop agan, hehe maksudnya benda-benda berat yang masuk akal seperti buku-buku yang tebal atau mesin printer dll, karena hal ini akan menyebabkan kerusakan pada monitor laptop. Jadi harap perhatikan bila laptop anda tertimpa atau terhimpit beban yang berat.

6. Jangan Sleep atau Hibernate Laptop saat Memasukkan Kedalam Tas

Mungkin saat kita sedang asyik menggunakan laptop misal nya di kafe atau tempat-tampat lainnya terus tiba-tiba ada panggilan mendadak yang di harus kan pergi secepatnya maka pasti kita lupa menshutdown laptop kita dengan baik sperti langsung tutup laptop dan memasukkannya kedalam tas dalam keadaan laptop sedang menyala. Hal ini tidak boleh dilakukan karena akan menyabkan kerusakan juga pada laptop panas yang dikeluar kan oleh laptop berkumpul di dalam tas dan tidak bisa keluar. Sebelum memasukkan nya ke dalam tas, matikan/shutdown laptop terlebih dahulu dan tunggu kira-kira 10 menit baru masukkan ke dalam tas laptop.

7. Jangan Membersihkan Laptop Dengan Air

Saat kita melihat laptop kita sedikit kucel atau berdebu lalu kita memberisihkan nya menggunakan air maka sebaiknya hal ini jangan dilakukan, percayalah gan hal ini sangat buruk sekali bagi komponen laptop kita

8. Hindari Menggunakan Laptop Diruang yang Panas

Nah sebaiknya hindari penggunakaan Laptop diruang dengan suhu panas karena selain kita juga bakal keringatan, laptop juga akan menjadi cepat panas dan itu tidak baik bagi komponen-komponen yang ada pada laptop. Jika sangat terpaksa gunakan lah kipas pendingin laptop atau cooling pad yang banyak tersedia di pasaran agar suhuh laptop menjadi sejuk dan stabil, tetapi ingat jangan menggunakan laptop di dalam prezzer akan menyebabkan komponen laptop beku dan tidak berjalan normal dan anda juga bakal kira orgil hehe.


Nah itu lah beberapa ulasan saya tentang 8 hal yang tidak boleh kita lakukan jika ingin laptop kita awet. Semoga menjadi bermanfaat buat agan-agan semua. Terima kasih. Keep enjoy!

Disqus Comments