Thursday, February 25, 2016

Glass Disc Media Penyimpanan Digital 5 Dimensi

penyimpanan data glass disc
Perkembangan teknologi semakin hari makin berkembang dengan pesat nya termasuk juga media penyimpanan data digital. Pada masa sekarang ini agan pasti punya data penting seperti foto dan dokumen-dokument penting lainnya yang disimpan baik itu di hard disk, memory card, atau di tiap-tiap keping DVD atau Bluray. Tapi pernahkan agan mengalami kehilangan data yang sangat penting akibat media penyimpanan data digital seperti hard disk yang rusak, memory card dan DVD/Blueray yang sudah yang sudah tidak bisa terbaca lagi di karenakan sudah terlalu lama atau terkena jamur dan lain sebagainya. Saya sering mengalami kejadian seperti itu dan sangat tidak mengenakkan tentunya. Dan pastinya kita bisa menyimpan data di cloud favorit kita, tapi bisa saja server tempat penyedia layanan cloud tersebut mengalami kerusakan atau terkena bencana dan data digital kita tak terselamatkan.

Para ilmuan di University of Southampton di UK telah membuat langkah besar dalam pengembangan media penyimpanan data digital dan berhasil membuat membuat media penyimpanan digital yang mereka sebut “Five Dimensional Glass Disc”. Teknologi ini di tunjukkan pertama kali melalui paper penelitian pada tahun 2013. 

Glass Disc ini dapat menyimpan data sebesar 360TB yang dapat bertahan pada suhu 1.000°  C dan diproyeksikan bisa bertahan selama 13,8 miliyar tahun dalam ruang dengan suhu 190° C. Untuk membuat disk data, peneliti dari University of Southampton menggunakan proses yang disebut Femtosecond Writing Laser, yang menciptakan cakram kecil dari kaca menggunakan laser Berkecepatan tinggi yang menghasilkan Gelombang-gelombang cahaya pendek dan intens. Teknologi ini juga pasti nya membuka era baru penyimpanan data digital yang mana sangat berguna untuk organisasi yang mempunyai data yang sangat besar seperti arsip nasional, meseum dan perpustakaan yang berguna untuk melestarikan informasi dan ctatan mereka dalam bentuk digital. 

Sejauh ini para ilmuwan sudah "mengawetkan" dokumen-dokumen penting seperti "Universal declaration of human rights" atau pernyataan umum tentang hak-hak asasi manusia. Para ilmuwan sekarang sedang mencari perusahaan untuk memasarkan teknologi ini ke publik.

 Profesor Peter Kazansky, dari ORC, mengatakan :
"Ini suatu yang sangat mendebarkan bagaimana kita berpikir bahwa kita telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen dan informasi serta menyimpannya dalam ruang untuk generasi yang akan datang. Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita, semua yang kita telah pelajari tidak akan dilupakan"
Wah keren juga ya gan dan lama banget ya gan ketahanannya., jadi mungkin nanti generasi akan datang masih bisa mengakses data dari jaman sejarah mereka. Dan saptutnya kita memberi apresiasi  buat para ilmuan ang telah mengabdikan hidup nya untuk penemuan-penemuan penting dan sangat berguna bagi kehidupan kita di masa sekarang atau untuk masa mendatang.

Oke gan mungkin itu ulasan saya untuk teknologi Glass Disc ini. Jika ada kekurangan mohon di maafkan ya. Semoga berguna untuk agan-agan semua. terima kasih. keep Enjoy!

Sumber : University Of Southampton 
Disqus Comments