Thursday, September 25, 2014

Pengertian Film | Aditya F Films Productions

Assalamualaikum Wr Wb,

Gan apakah agan ada yang senang membuat rekaman seperti drama/film, kalau iya sama seperti saya dong. Langsung saja Disini admin http://adityafebriansyah1.blogspot.com/ akan memberikan pengertian film.

 http://adityafebriansyah1.blogspot.com/
Film dibagi menjadi dua, film pendek dan film panjang. Kali ini kita akna membahas pengertian film pendek fiksi naratif. Film pendek sendiri memiliki pengertian ialah salah satu bentuk film paling simple dan paling kompleks. Di awal perkembangannya film pendek sempat dipopulerkan oleh comedian Charlie Chaplin. Film pendek ialah film fiksi termasuk sebuah karya animasi yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit.

film pendek bukan merupakan reduksi dari film dengan cerita panjang, atau sebagai wahana pelatihan bagi pemula yang baru masuk kedunia perfilman. Film pendek memiliki ciri/karakteristik sendiri yang membuatnya berbeda dengan film cerita panjang, bukan karena sempit dalam pemaknaan atau pembuatannya lebih mudah serta anggaran yang minim. Tapi karena film pendek memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa untuk para pemainnya.http://adityafebriansyah1.blogspot.com/

Fiksi (fiction) menurut The Grolier International Dictionary berarti:
“A literary work whose content is produced by the imagination and is not necessarily base on fact.
The category of literature comprising works of this kind, including novels,short stories and plays.” (Sebuah karya sastra yang isinya diproduksi oleh imajinasi dan belum tentu mendasarkan pada fakta. Kategori sastra yang terdiri dari karya-karya semacam ini, termasuk novel, cerita pendek dan drama.)

Slomith Rimmon -Kenan dalam bukunya Narrative Fiction, yang membahas sastra dengan titik pusat fiksi, selalu menggandengkan kata fiction dengan kata narrative: narrative fiction.

Dalam wacana kesastraan, penggandengan dua kata yang dilakukan Rimmon-Kenan itu sangat tepat. Sebab selama ini orang hanya mengatakan kata fiksi saja. Padahal, tidak semua fiksi itu terkait dan berarti jenis karya sastra. Di lain pihak, kata narrative (narasi) juga tidak selalu terkait dengan sastra. Narration (cerita) tidak selalu terkait dengan sastra. Sebab memang banyak cerita, kisah yang tidak tergolong karya sastra.

Lalu apa yang dimaksud narrative fiction menurut Slomith Rimmon-Kenan itu? Ia bilang,”By narrative fiction I mean the narration of a succession of fictional events (Maksudku melalui fiksi naratif sebuah narasi menjadi salah satu kesuksesaan dalam cerita atau kejadian fiksi).

Jadi pengertian film pendek fiksi naratif adalah sebuah film yang berdurasi dibawah 60 menit yang diiringi oleh narasi dimana yang menceritakan sebuah kejadian fiksi.

Baca Juga : 10 Teknik Sebelum Membuat Film | Aditya F Films Productions


 See more video : https://www.youtube.com/channel/UCr2Km8p0ghr4Ct2dmqBMAIA

Demikian yang admin berikan http://adityafebriansyah1.blogspot.com/ 
Semoga apa yang agan wujudkan tercapai dan bisa menjadi filmaker yang handal
Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr Wb  

Disqus Comments