Monday, September 19, 2016

Socket Dan Pin Prosesor AMD Zen Sedang Bererdar Di Internet




Sebelumnya AMD sudah mengumumkan mereka telah melakukan Batch pertama untuk prosesor baru buatan mereka, yaitu Bristol Bridge APU bersama dengan socket terbarunya yaitu AM4. Kabarnya socket ini nantinya akan kompatibel dengan prosesor dekstop AMD Zen "Summit Ridge" yang mungkin akan mereka rilis pada tanggal Januari 2017.


Dan beberapa hari lalu gambar dari socket AMD Zen sudah banyak beredar di internet. Pada gambar Socket AM4 dan mungkin akan ada 1331 pin berbeda dengan generasi sebelumnya AM3 hanya ada sekitar 942 Pin. Kabarnya konfigurasi ini akan memberikan sekitar 41% performa lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu AM3 dan tentunya konfigurasi ini juga akan melebihi dari Prosesor Intel generasi 6 Skylake yang memiliki 1151 pin.


Di Socket terbarunya AMD masih memiliki desain yang sama yaitu PGA(Pin Grid Array) tentunya berbeda dengan Prosesor buatan Intel yang menggunakan LGA (Land Grid Array). Perbedaannya adalah PGA pinnya terletak langsung pada Prosesor sedangkan LGA Pin-nya berada di motherboardnya. Di kabarkan AMD Zen mempunyai arsitektur 14nm dengan native 8 core dan 16 thread. Dengan arsitektur ini akan mengkompatibel dengan chipset terbaru yaitu X350, B350, dan A320.

Disqus Comments