Sunday, September 18, 2016

Apa itu 4K TV dan HDR ?

Apa itu 4K TV dan HDR ?

Apa itu 4K TV dan HDR ? - 4K dan HDR adalah istilah yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini, terutama karena konsol baru dari Sony dan Microsoft akan mendukung kedua fitur. Tapi apa yang dimaksud 4K dan HDR, tepatnya?

4K

Apa 4K?

Dalam hal display, 4K umumnya setara dengan panel resolusi 3840x2160 . Ini berarti layar khas 4K akan menawarkan 3.840 piksel horizontal dan 2.160 piksel secara vertikal. Bila Anda kalikan angka ini bersama-sama, Anda mendapatkan panel dengan lebih dari 8 juta piksel. Ini adalah empat kali kepadatan pixel dari panel 1080p HD tradisional. Anda dapat melihatnya dibawah ini:
     3840x2160 = 8.294.400 piksel
     1920x1080x4 = 8.294.400 piksel

Istilah 4K berasal dari industri film yang mencapai standar resolusi 4096x2160, yang merupakan 1,9:1 aspek rasio , tapi kebanyakan TV menggunakan rasio 16: 9, resolusi itu diperkecil untuk 3840x2160p, yang juga sering disebut sebagai Ultra HD.



Mengapa saya harus peduli tentang 4K?


Studi menunjukkan bahwa pada tahun 2020, mayoritas rumah AS diharapkan memiliki TV UHD 4K.


Dalam hal kualitas gambar, resolusi yang baik akan memberikan peningkatan pada kejernihan gambar dan ketajamannya. Hal ini juga memungkinkan untuk panel yang lebih besar, karena layar 1080p membentang di permukaan yang besar akan mulai terlihat kabur dengan kepadatan pixel rendah. 



Apa masalah yang dihadapi dalam menggunakan TV 4K?


Selain library yang relatif kecil dari konten 4K pada saat ini, Anda akan membutuhkan koneksi internet yang baik jika anda berniat untuk streaming video 2160p.


 HDR - ultraHD

HDR

HDR


Apa HDR?


HDR singkatan dari H
igh Dynamic Range. Anda mungkin telah mendengar istilah ini karena berkaitan dengan kamera, tetapi karna digunakan untuk teknologi, itu sebenarnya agak berbeda.

Ketika kamera memotret di HDR, mereka biasanya mengambil beberapa eksposur untuk menyorot tempat yang gelap dan terang dalam sebuah adegan. Dari sana, pengolahan digunakan untuk menggabungkan eksposur ke dalam satu gambar untuk memberikan gambar yang seimbang , sebagai manusia, melihat cahaya dan warna.


resolusi layar TV HD
source : wikipedia - ultraHD

Mengapa saya harus peduli tentang HDR?


Dalam hal kualitas gambar, HDR meningkatkan kontras antara warna hitam dan warna putih untuk lebih menampilkan RGB. Ini berarti warna putih akan terlihat super terang, dan hitam akan terlihat sangat gelap. Ini adalah teknologi yang bisa dibilang lebih hebat daripada upgrade dari 1080p ke 4K.
 


Apakah semua 4K TV memiliki dukungan HDR?

Tidak, Sebagian besar HDR TV akan menampilkan panel 4K , tidak semua 4K TV akan mendukung HDR. Mereka memiliki teknologi yang terpisah. Karena itu, pasangan HDR sangat baik dengan 2160p dan membuat kepadatan pixel yang lebih besar untuk menciptakan gambar yang lebih dinamis.

Apa yang saya harus lakukan untuk mengaktifkan HDR?


PS4 PRO
 Sony baru saja mengumumkan bahwa semua PS4 akan mendukung HDR.

Selain TV HDR-TV, Anda juga akan membutuhkan HDR-Player dan Konten HDR (ini berlaku untuk film dan game). Dalam hal konsol, Microsoft Xbox One S akan mendukung HDR, dan Sony baru-baru ini keluar dengan updatetan HDR untuk PS4 yang ada. PS4 Pro juga akan mendukung HDR, meskipun tidak memiliki 4K / Blu-ray HDR optical drive seperti Xbox One S. Selain itu, agar tv HDR dapat berkerja, Anda akan membutuhkan kabel HDMI 2.0 .



sources: 
– http://en.wikipedia.org
– http://www.gamespot.com
Disqus Comments