Wednesday, February 17, 2016

Mengenal Xampp dan Tutorial Cara Menginstall Xampp

Pada postingan kali ini ane ingin mengulas tutorial cara menginstal XAMPP. Sebelum kita menginstal XAMPP ada baiknya kita cari tau dulu apa itu XAMPP.



XAMPP adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan program PHP, MYSQL, dan Perl secara bersamaan. XAMPP tersedia dalam GNU Generel Public License atau bebas yang mendukung banyak sistem operasi.

Fungsi nya adalah sebagai server (localhost) yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MYSQL Database, dan penerjemah bahasa yang dituliskan dalam bahasa PHP dan Perl. XAMMP sendiri merupakan singkatan dari X ( Cross Platform), APACHE,MYSQL, PHP dan Perl. Jadi gagi agan/sist yang ingin mengembangkan sebuah website XAMPP sangat membantu karena akan lebih cepat dan aman membuat website didalam server pc/laptop sendiri.

Sebenernya ada banyak perangkat lunak (software) seperti XAMPP, namun ane menyaran kan gan/sist menggunakan XAMPP karena proses instalasi dan pengembangannya sangat mudah, selain itu XAMPP dapat berjalan di multi platform seperti Window, Machintos, dan Linux.

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang XAMPP, sekarang kita lanjut ngopi lagi eh salah maksudnya kita lanjut ke tahap cara menginstal XAMPP di laptop/pc kita. Apa saja yang kita butuh kan? jawaban nya adalah sebgai berikut :

1. Download XAMPP di situs resmi nya DI SINI
2. PC/Laptop ( ya iya lah!)
3. Siapkan kopi biar seger hehe

Cara Install XAMPP

1. Nah setelah di XAMPP di download Klik dua-kali file XAMPP (contoh yang dipakai di sini adalah xampp-win32-1.7.0 installer.exe, yaitu XAMPP versi 1.7.0). Bila mendapati versi XAMPP yang lebih baru, cara instalasi kemungkinan masih sama.

2. Berikutnya klik saja [OK] untuk pilihan bahasa, English.



3.Klik [Next] pada jendela Setup Wizard yang muncul



4. Berikutnya Anda diminta memilih folder tempat XAMPP dipasang. Untuk mudahnya pilih saja di c:\ seperti default-nya dan klik [Next].



5. Pada jendela yang muncul berikutnya, klik saja [Install], dimana shortcut untuk menjalankan XAMPP akan ada di desktop dan di menu Start.



6. Tunggu beberapa menit sementara XAMPP diinstal.



7. Klik [Finish] setelah XAMPP selesai diinstal.



8. Anda akan mendapati tawaran, apakah akan menjalankan XAMPP Control Panel sekarang atau lain kali. Klik [Yes] bila Anda akan menjalankannya.



9. Setiap kali Anda akan mengelola situs Web Anda di PC lokal, Anda harus menjalankan XAMPP. Menjalankan XAMPP berarti memfungsikanPC Anda sebagai server Web. Untuk menjalankannya, klik ikon XAMPP dan Anda dihadapkan pada XAMPP Control Panel.



10. Klik [Start] masing-masing untuk Apache dan MySql, sehingga muncul tanda Running untuk keduanya. PC lokal Anda kini sudah menjadi server Web local



11. Apakah server Web Anda benar-benar jalan? Coba jalankan browser Anda (misalnya Mozila Firefox) dan ketikkan: http://localhost. Bila muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti PC/Laptop Anda sudah berfungsi sebagai server Web. Klik [English] untuk memilih bahasa Inggris.




Nah sekian dari postingan ane tentang Mengenal XAMPP dan Tutorial Cara Menginstal XAMPP, Semoga bermanfaat untuk agan/sist semua. Oh iya kalo agan/sit ingin versi PDF nya silakan download Disini. Terima Kasih.

Disqus Comments