Sunday, January 11, 2015

Penjelasan VSAT

Ok Gan.... Ane sekarang udah kerja di salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi. Berbasis di VSAT. Apaan itu? Yuk mari dibahas....
VSAT atau Very Small Aperture Terminal adalah sebuah perangkat penerima atau pengirim data informasi dari atau ke satelit. Komponen VSAT meliputi refelector, feedhorn, BUC, LNB, SSPA, Converter, Modem dan perangkat pendukung lainnya. Sebenarnya apa sih perbedaan parabola dengan VSAT itu?
Nah, pasti bingung atau rancu kalo ngebedain 2 hal ini. Sebenarnya parabola itu adalah antenanya (piringan). Kan sering tuh ada orang-orang bilang,”eh, lu pake antenna parabola yaak?”, “Enaknya rumah kita dipasang antenna parabola aja ya ma?”. Nah seperti itu kurang lebihnya, udah pada tau dong pastinya.  Terus VSAT?
Menurut wikipedia, “VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit”. Jadi pada pokok intinya parabola itu jenis antena-nya sedangkan VSAT adalah semua ground segment yang dapat menerima dan mengirimkan sinyal dari atau ke satelit.
VSAT sendiri digunakan untuk komunikasi yang terbatas oleh jarak. Artinya gini, komunikasi berbasis satelit ini sangat efisien digunakan pada komunikasi jarak jauh dengan konsekuensi tidak ada halangan atau istilahnya Line of Sight (LoS). Bukan LoS yang saya tekankan, melainkan tentang “kenapa kok menggunakan komunikasi satelit?”. Dibandingkan dengan yang lain, misal FO (Fiber Optic), VSAT lebih efisien di sisi cost. Sedangkan jika dibandingkan dengan menggunakan microwave jarak menjadi sangat vital. Maksudnya, jika menggunakan komunikasi microwave syaratnya memang harus LoS, selain itu jaraknya nggak bisa jauh. Paling hanya puluhan kilometer. Sedangkan jika menggunakan VSAT dapat menjangkau antar pulau, bahkan antar negara/benua.
Sedangkan VSAT sering digunakan untuk komunikasi pada mesin ATM, Bandar Udara, BSC, bahkan pada Maritim. Merujuk pada pengertian VSAT menurut wikipedia, bahwa piringan (antena dish) VSAT kurang dari tiga meter. Tapi pada kenyataannya ketika saya berkunjung di tempat NOC saya menemui banyak antena dengan diameter di atas 3 meter. Seperti HUB, di sana saya menemui dengan diameter 9 meter. Mungkin istilah ini digunakan karena kebanyakan antena yang digunakan adalah yang kurang dari 3 meter. Contohnya saja adalah pada ATM, antena yang digunakan adalah yang berdiameter 1,8 meter.
OK, itu VSAT secara umum. VSAT mempunyai 2 bagian, yaitu:
  1. 1.    IDU (Indoor Unit)

Sesuai namanya, indoor. Jadi semua komponen VSAT yang berada di dalam ruangan namanya IDU. Yang termasuk IDU adalah modem (modulator-demodulator). Fungsi dari modem adalah:
  •  Memodulasikan sinyal baseband menjadi sinyal IF dan mendemodulasikan sinyal IF menjadi sinyal baseband. 
  •  Menyediakan fungsi error correction dengan proses pengkodean yang sesuai.
  •  Menyediakan fungsi antarmuka DCE dan DTE menggunakan interface data standar seperti : V.35, RS232

  1. 2.    ODU (Outdoor Unit)

Semua ground segment yang terdapat di luar disebut ODU. Beberapa yang termasuk ODU adalah:a.    Reflector
Sebagai pemantul sinyal dari/ke satelit.b.    Feedhorn
Untuk menangkap sinyal dari/ke satelit melalui reflector.c.     BUC (Block Up Converter)Sebagai penguat Frekuensi Tx dan juga sebagai converter yang akan ditransmisikan (dari modem). BUC digunakan pada frekuensi L-Band.d.    LNB (Low Noise Block)Sebagai penguat Frekuensi Rx yang diterima (yang mau masuk ke modem)  
Komponen di atas adalah untuk frekuensi L-Band. Komponen yang membedakan antara L-Band dan IF adalah pada penggunaan penguat dan converternya. Pada L-Band Penguat dan converter adalah cukup menggunakan BUC, sedangkan pada IF penguat dan converternya dipisah. Yaitu:
a.    SSPA (Solid State Power Amplifier)
Ini adalah penguat sinyal yang akan ditransmisikan.b.    Converter
     Up ConverterMengubah frekuensi dari IF ke RF.     Down ConverterMengubah frekuensi dari RF ke IF.Sarana Penunjang (SARPEN) pada komponen VSAT antara lain adalah:a.    Kingpost
b.    Pedestal
c.     Feed support
OK penjelasan perangkat yang termasuk IDU dan ODU saya rasa udah kelar lah. Di bawah ini merupakan penampakan dari VSAT tersebut.
Perangkat VSAT

Perangkat modem

BUC dan converter

Mungkin itu dulu, next time dilanjut. Ane juga sedang belajar terus...

Sumber : 
http://angga-arifin.blogspot.com
Disqus Comments