Saturday, March 22, 2014

Cara Menampilkan Foto Author di Hasil Pencarian Google

Tadi pagi ada temen saya yang namanya Om Nanank menanyakan, bagamana sih cara agar profil Google plus bisa muncul di hasil pencarian mbah Google. Kebetulan juga ane sedang mengikuti kontes seo yang diselenggatakan oleh Toyota dengan keyword "Mobil Sedan Corolla" yang dalam salah satu peraturannya diwajibkan memunculkan profil Google Plus pada pencarian Google. Mau tidak mau, saya harus berusaha menampilkan profil Google Plus saya di hasil pencarian Google, yang sebelumnya saya tidak pernah punya niat untuk menampilkan profil saya dihasil pencarian.

Awalnya saya sempat putus asa, karena sudah mencoba berbagai kiat dan cara, profil saya tak kunjung muncul di hasil pencarian Google, mengingat pada peraturan kontes yang saya ikuti peserta diwajibkan untuk memasang profil Google + dihasil pencarian Google. Alhamdulilah setelah mencoba bereksperimen, akhirnya profil saya bisa muncul di hasil pencarian Google seperti gambar yang telah saya tampilkan diatas. Dari pengalaman ini, saya ingin berbagi kepada siapa saja yang ingin nebeng foto gantengnya diweb supaya bisa mengikuti beberapa kiat dan memperhatikan poin penting supaya foto profil Google + agan bisa muncul di hasil pencarian Google.

Cara Baru Menampilkan Profil Google Plus di Hasil Pencarian

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memasang kode di bawah ini pada template Blogger kalian.
<link href='https://plus.google.com/+diRosie46/' rel='author'/>
<link href='https://plus.google.com/+diRosie46/' rel='publisher'/>
Ganti URL Google + yang saya tulis dengan huruf merah dengan link profil Google plus milik agan. Pasang kode diatas dan paste kan dibawah tag <head>. Jika sudah selesai silahkan simpan template agan.
Langkah yang kedua adalah, memasang widget lencana Google plus di sedebar. Caranya cukup gampang, silahkan kunjungi dashbord blogger agan dan memilih tata letak. Disitu akan muncul pengaturan untuk mengkonfigurasikan widget agan, silahkan klik tombol "Tambahkan Gadget" dan pilihlah Lencana Google+ seperti gambar dibawah.
Langkah ketiga adalah menambahkan URL blog agan di daftar kontribusi Google + dengan cara mengunjungi profil Google Plus dan Klik Tab (About). Di halaman ini silahkan edit dan tambahkan URL blog agan dalam daftar kontribusi seperti contoh profil saya pada gambar dibawah. 
Setelah itu silahkan untuk menguji terlebuh dahulu dengan Tools Structured Data dari Google dengan mengunjungi http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets. Dan jika 3 langkah diatas sudah dijakankan dengan benar, maka akan terlihat seperti tampilan pada gambar dibawah ini, dimana foto profil Google + Saya muncul dalam uji tes.
Setelah melakukan cara-cara seperti yang telah saya jelaskan diatas, profil Google Plus agan tidak langsung muncul di hasil pencarian Google. Butuh beberapa waktu agar Google mengindeks blog agan, biasanya butuh waktu 2 atau 3 hari.

Poin Penting yang Harus di Perharikan

Jika profil agan sudah menggunakan cara diatas namun profil Google + belum muncul dihasil pencarian, sebaiknya perhatikan hal penting yang dianggap sepele oleh kebanyakan blogger. Usahakan jangan sesekali memasang gambar artis, gambar hewan, atau tokoh animasi dalam profil Google Plus agan. Ingat.!! Google itu cerdas dan bisa mengenali wajah yang anda uploadkan itu hewan atau manusia. Saya kira itu saja yang perlu diperhatikan, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.
Disqus Comments