Sunday, March 23, 2014

22 Pesan Moral dan Nasihat Ust Jefry Sebelum Meninggal

 ※~1. Yang paling banyak aku sembunyikan adalah keburukanku.. Dan yang paling banyak aku tampakkan adalah kebaikanku..

※~2. Diri ini selalu ingin kelihatan baik di mata manusia yang lain.. Padahal begitu jelas keburukannya di mataMU.. Ampuni aku.. Ampuni aku..

※~3. Kenapa manusia gak boleh berlama-lama menanam kebencian, dendam & kemarahan, khawatir gak ada umur, kemudian mati membawa itu semua, na'udzu billah..

※~4. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi hina.. Hina dalam perbuatan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buruk.. Buruk dalam sangkaan..

※~5. Gak ada satupun manusia yang gak pernah berbuat salah.. Lalu kenapa jadi sulit u/ memaafkan orang yang telah berbuat salah kepada dirinya?

※~6. Pada dasarnya manusia itu makhluk yang memiliki sifat lemah lembut & cerdas, hanya saja dalam perjalanannya nafsu yang tidak baik telah mengotorinya..

※~7. Kebenaran itu mengajak bukan menginjak, merangkul bukan memukul, memeluk bukan menekuk, munculkan harapan bukan memupuskan harapan, tidak merasa lebh baik.

※~8. Berhati-hatilah¬ pada orang dengki, apapun akan menjadi salah di hadapannya, orang dengki tidak pernah menyadari kedengkiannya, kecuali ada hidayah.

※~9. Memberi maaf tidak harus menunggu yang salah meminta maaf itulah kemuliaannya..

※~10. Pada akhirnya semua akan mnemukan yang namanya titik jenuh. Dan pada saat itu, kembali adalah yang terbaik. Kembali pada siapa? Kepada "DIA" pastinya.

※~11. Selama suami tidak ridho selama itu pula ibadahnya tidak diterima.. Tapi suami yang bijak akan menasehati dan memaafkan..

※~12. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi hina.. Hina dalam perbuatan.. Kemarahan bisa mambuat seseorang menjadi buruk.. Buruk dalam sangkaan..

※~13. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi lupa.. Lupa dalam kebaikan.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi terlena.. Terlena dalam amarah..

※~14. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi buta.. Buta dalam memandang.. Kemarahan bisa membuat seseorang menjadi kacau.. Kacau dalam berfikir..

※~15. Santun dalam penyampain dan tutur kata menunjukkan ketinggian budi pekerti seseorang..

※~16. Setiap segala sesuatu itu ada kelebihannya.. Maka janganlah suka meremehkan dan merendahkan..

※~17. Tidak ada yang salah pada diri siapapun.. Hanya cara menilainya saja yang suka keliru karena tidak tahu..

※~18. Lisan saja tidak cukup untuk memberi "maaf".. Perlu hati juga untuk memaafkan.. Sehingga "tulus" adanya..

※~19. Maaf bukanlah hiasan bibir.. Tapi ketulusan hati..

※~20. Meski maaf membutuhkan kata untuk diucap.. Maaf juga membutuhkan perbuatan sebagai bukti untuk dirasa..

※~21. Saatnya "melembutkan hati" dengan maaf.. Memberi maaf berarti "memilih kemuliaan" di sisi Allah SWT..

※~22. Merdeka berarti harus membangun.. Bukan untuk pribadi atau golongan.. Makmur untuk semua.. Adil untuk semua.. Hukum pun berlaku untuk semua.

Subhanallah...
Disqus Comments