Wednesday, May 14, 2014

Drama | Perjalanan Sakaratul Maut Pecandu Narkoba


Bisamillahirahmanirrahim
Assalamualaikum Wr Wb
Ketemu lagi dengan saya adit yang ingin menyampaikan sebuah cuplikan drama menggambarkan seseorang yang dahulu pecandu narkoba tetapi sekarang dia ingin menjerumuskan temannya sehingga ia yang terkena batunya.   Pembaca penasaran dengan ceritanya,  ga usah banyak basa basi langsung saja dalang bacakan prolognya.
Prolog : “Pada suatu perkampungan hidup seorang pemuda yang sudah lama tercandu narkoba, ia bernama ferri, ferri  ingin mempunyai teman untuk memulai bisnisnya, tetapi enggan ada.  Lalu ada seorang pemuda yang baru kali ini pulang dari pondok pesantren. Ia bernama yogi dan ia tidak tahu dunia bebas atau baru mengenalnya. Lalu ferri mencoba mendekatinya untuk bisnis narkoba. Lalu apakah ferri bias mengajak yogi untuk bisnis narkoba atau rencana ferri gagal untuk bisnis narkoba.”
(Kita Lihat Adegannya,  Excent.)
Yogi     : (berjalan santai) “Huahh segarnya udara dikampung ini, rasanya seperti di syurga, adem, sejuk, ga ada polusi, waaaah subhanallah”
Abyan : (menendang nendang kaleng) “Bosennya hari ini”
Yogi     : “Kelihatannya itu abyan” (melihat dari kejauhan) “Hey abyan” (berlari lari kecil kearah abyan)
Abyan : “Whoho yogi” (gembira) “Apa kabar yog, gimana di pesantren?”
Yogi     : ”Alhamdulillah bi ane dah selesai dari pondok pesantren baru kemaren balik, kabar ane baik, klo abyan kumaha?”
Abyan : “Damang, antum kerja sekarang?”
Yogi     : “Ya itu yan ane bingung mau keluar pondok ngapain ya?”
Abyan : “Klo ane mah palingan berwirausaha”
(Tiba tiba ferri datang menghampiri mereka  berdua dengan gagah berwibawa seperti ala orang sukses)
Ferri   : “Hey brooo!” (sapa feri)
Yogi    : “Antum siapa ya” (mimic bingung) “Emp……ferdi”
Ferri   : “Lu lupa sama gue, gue ferri, dah pulang dari pesantren lo?”
Yogi    : “Alhamdulillah sudah kemaren ane pulang”
Abyan : (Berbisik dengan yogi) “Yog jangan dekat dekat ma dia, dia sekarang dah ga bener”
Yogi     : “Ah masa dia baik baik aja ko” (bingung)
Ferri    : “Kenapa, disini gua orang baik ko” (picik)
Yogi     : “Dia baik ah bi”
Abyan : “Yah yog ane bener dia itu dah ga bener”
Ferri     : “Sudah sudah sudah, lu abyan kalo ga suka ama gua disini lu lebih baik pergi, lu fitnah gua yang engga engga kan, gua tau jangan boong lu”
Abyan  : “cpih” (menyenggol bahu yogi) “Yaudah kalo ente ga percaya” (pergi meninggalkan mereka berdua)
Ferri     : “Lu belum tau yog, dia ituh selalu ngerecokin bisnis gua, mungkin dia ngiri ma bisnis gua”
Yogi      : “Eh ente emang bisnis apa fer?”
Ferri     : “Bisnis obat”
Yogi      : (kaget) “Ha”
Ferri     : “Lu jangan kaget dulu, gua jual obat kuat super manjur dan itu dari ekspor, harganyajuga mahal se sachet bisa 1 juta
Yogi     : “Subhanallah, klo begitu lu bias kaya dong fer, gua boleh ikut ama lu ga?
Ferri    : “Tumben lu ngomonya lue gue, biasanya ane ente”
Yogi      : “Iya ane sakin kagetnya begitu, keceplosan”
Ferri     : “Besok tunggu di pos, pagi pagi jam 7, ok”
Yogi      : “Dipos yang dulu kita ngumpul ngumpul ketika SD”
Ferri     : “Pinter, masih inget aja lu” (menepuk pundak feri) “Yaudah gua pulang”
Yogi     : “Sama ane juga mau pulang” (pulang)
(Singkat cerita malampun telah berlalu, hari sudah mulai pagi dengan wajah gembira yogi bersiap siap untuk ke pos)
Yogi     : “Jam setengah tujuh, mandi udah, sholat udah, sarapan udah, tinggal pergi ke pos nih bisnis ma ferri, hehehe” (tertawa kecil)
Ibu Yogi : “Yog mau kemana,?” (menyiapkan sarapan)
Yogi        : “Mau ke pos umi”
Bapak Yogi  : “Kamu dah makan belum?” (sambil membaca Koran)
Yogi              : “Udah abi tadi makan duluan” (mengambil sandal)
Bapak Yogi : “Kok makan ga bareng bareng orang tua”
Yogi             : “Soalnya yogi buru buru mau ke pos ketemu si….”
Bapak Yogi : “Oh iya yog abi bilangin jangan coba dekat dekatin ferri”
Yogi             : “Lah emang kenapa bi”
Ibu Yogi      : “Pokoknya dengerin aja kata abi”
Yogi             : “Ok mi, abi yogi pergi” (salim) “assalamualaikum”
Ibu Yogi      : “Wa alaikum salam”
Bapak yogi : “Wa alaikum salam, abi ngeri bu takutnya yogi bercampur ama ferri”
Ibu Yogi      : “Ga mungkin abi iman yogi pasti lebih tinggi kok dan bias membedakan mana yang baik mana yang tidak?, yaudah abi kalo mau makan, makan, dah ibu siapin”
Bapak Yogi : “Alhamdulillah, emmmm makasih, emang kamu istri yang baik”
Ibu Yogi      : “Emmmp” (tertawa kecil) “Abi bisa aja”
(Tidak lama kemudian yogi sampai di pos yang sudah ditungguin ferri)
Ferri   : “Yog cepetlah gua nungguin”
Yogi    : “Maaf, ane lama”
Ferri   : “Yaudah ikut gua cepetan” (pergi ke sebuah bangunan)
Yogi    : “Emang kita mau kerja apa nih?”
Ferri   : “Ga usah banyak Tanya, tar juga tau”
(Sambil berjalan, ferri mengajak yogi ke tempat rahasianya yaitu gudang narkoba, tidak lama kemudian teman temannya yogi dating ke rumah yogi untuk bertemu)
Abyan      : “Assalamualaikum”
Adit          : “Assalamualaikum, yogi”
Febri        : “Assalamualaikuuuuum”
Okti          : “Assalamualaikum, mana orangnya ya?”
Bapak Yogi : “Siapa sih tuh ganggu orang lagi makan aja”
Ibu Yogi      : “Abi coba lihat aja dulu takutnye itu tamu penting”
Bapak Yogi : “Yeye iye, wa alaikum salam, ade ape nih bocah bocah” (tolak pinggang)
Abyan          : “Ada yoginya bi?”
Bapak Yogi  : “Barusan dia pergi”
Febri             : “Pergi kemana bi?”
Bapak Yogi  : “Katanya sih ke pos”
Adit               : “Yaudah kita nyusul ke pos aja”
Bapak Yogi  : “Yaudeh liet aja gih, takutnya yogi sama bocah bandel itu si ferri, soalnye dia baru pulang mondok”
Okti               : “Yaudah makasih ya abi, kita semua pergi”
Semuanya    : “Assalamualaikum”
Bapak Yogi   : “Wa alaikum salam” (masuk ke rumah)
Ibu Yogi        : “Siapa bi?”
Bapak Yogi   : “Itu temen temen lamanya yogi nyamper”
Ibu Yogi       : “oh iya udah lanjutin makannya, tar mubazir”
Bapak Yogi  : “Jangan kata sepiring, senampan gua makan, hahaha, sip lanjut”
Ibu Yogi       : “Abi Abi”
(Mereka berempat berjalan ke pos untuk menemui yogi)
Adit         : “Temen kayanya sepi ah di pos liat aja” (Melihat dari kejauhan)
Abyan     : “Lah iya sepi katanya yogi ke pos”
Febri       : “Ihhh gimana sih bapanya yogi, kita kerumah yogi ga ada, kita ke pos ga ada juga”
Okti        : “Eh temen lihat ini” (mengambil sesachet obat ditanah)
Adit        : “Coba liat ti, wah pasti ini obat terlarang nih liat aja kaya narkoba”
Abyan    : “Terus itu punya siapa”
Adit        : (berfikir) “saya rasa sih ini punya ferri”
Febri     : “Bener, tau dari mana dit?”
Adit       : “Setiap saya ketemu ferri, dia selalu ngemut ngemut obat ini, layaknya permen”
Okti       : “Lalu kalo bener itu punya ferri terus yogi kemana, berarti….?”
Adit       : “Berarti yogi bener diajak ferri”
Abyan   : “Oh iya dit saya lupa ngasih tau yogi kemaren dibujuk bujukin ferri ikut sama bisnisnya”
Febri     : “Sekarang cari ferri”
Adit       : “Et pelan pelan, jangan sampai ketahuan ferri, kalo ketahuan habislah kita, tenang aja saya tau tempatnya!”


Okti      : “yaudah ayo kita cari
Adit      : “Ayo semua ikuti saya, jalan”
(Sementara mereka mencari ferri dan yogi,  adegan ferri dan yogi >> aksi ferri pun berhasil untuk membujuk yogi ke hal negative)
Ferri      : “Ini dia” (masuk ruangan) “Ini semua obat yang kita mau jual”
Yogi       : “Oh tapi dikit ya”
Ferri       : “Segini emang dikit, tapi harganya selangit, tar dulu yog gw ada yang SMS” (membuka SMS)
Yogi        : “Kok obatnya bau asin asin gitu ya” (ngedumel bau)
Ferri       : “Nih yog temen gw sms namanya jaal dia mau beli obat gua, tar juga kesini”
Yogi        : “Jaal siapa, namanya serem juga”
Ferri        : “Lu mah ga kenal dia jawara di kampong sebelah, sambil nunggu jaal gua mau ngasih tau nama nama obatnya, ini namanya hero, ini namanya niko, ini namanya puta, ini sabu abu, dan ini ganjar obat paling ampuh membuat orang kuat, pokonya kalo sekali minum ginian bisa seperti menguasai dunia gitu deh”
Yogi         : “Ohhh”
Jaal          : (Memasuki ruangan) “Fer”
Ferri         : “Iya gua disini”
Jaal          : “Mana”
Ferri        : “Nih putau kan” (memberikan satu sachet obat)
Jaal          : (memberikan amplop coklat) “thank you ya, gua langsung pulang” (pulang)
Ferri        : “Sama sama, hati hati al, nih liat yog” (memamerkan uang)
Yogi         : “Wah banyak banget, ngejualnya gampang banget, gua boleh minta ga fer?
Ferri        : “Minta apaan?, minta duit, tar klo lu dah bantuin gua, yaudah bantuin gua beresin ini”
(Adit dan kawan kawan sampai di tempat ferri menyimpan narkoba)
Adit         : ”Syuuut, semua diem disini, saya aja yang ngintip kesitu ya”
Abyan     : “Ya hati hati dit”
Adit         : “Ok” (pergi untuk mengintip) “wah bener yogi ada ama feri lagi diunjukin obat obatan, kita harus laporin ke bapanya”
Okti        : “Iya takutnya yogi kebawa bawa”
Abyan    : “Gimana febri ama okti panggil bapaknya yogi, cepet takut feri dah keluar”
Febri       : “Iya okti ayo” (pergi ke rumah yogi)
Okti         : “Okti tinggal dulu ya”
Adit         : “Iya, wah feri bener bener ya bi dia belum tau apa itu narkoba?”
Abyan     : “Namanya juga baru pulang mondok dit, dia kan disono ngaji terus jarang keluar”
(Febri  dan okti sampai di rumah yogi)
Febri             : “Bi yogi abinya yogi”
Okti               : “Abinya yogi”
Bapa yogi     : “Ada apa lagi sih tu anak, untung dah selesai makannya”
Ibu Yogi        : “Lihat dulu gidah bi, biarin piring ibu yang nyuci”
Bapak yogi   : “Iye udah” (pergi keluar) “Ade ape lagi teriak teriak hah”
Febri             : “Itu yogi lagi di deketin ma ferri terus lagi ditawarin obat”
Bapak Yogi  : “Eh bujuk sia, bener lu pade”
Okti               : “Bener masa kite bohong, cepet bi sebelum terlambat”
Bapak Yogi  : “Umi bapa pergi umi nyusul yogi”
Ibu Yogi       : “Suara abi ya, ah biarin ah” (mencuci piring)
Bapak Yogi  : “Kalian tau dimana tempatnya” (berlari kecil)
Febri            : “Tau pak ikutin kita”
Pa Ustad     : “Lho lho lho, abi ngapain siang siang gini lari larian”
Bapa Yogi   : “Pa Ustad anak saya yogi katanya lagi di tawarin nakoba sama ferri”
Pa Ustad    : “Astaqfirullah, Si Feri anak bandel itu”
Bapak Yogi : “Iya itu dia”
Okti              : “Ayo abi, pa ustad cepetan disitu dah ada adit ama abyan yang sedang ngintipin ferri”
Bapak Yogi   : “Yaudah ayo pa ustad”
Pa Ustad       : “Iya iya”
(Kembali ke adegan adit dan abyan)
Adit              : “Waduh bi, ferri keluar” (mengintip ddari kejauhan)
Ferri             : “Nah sekarang kita ke cafĂ© yog kita edarin obatnya”
Yogi              : “Ok fer, bisnis ente bisa juga”
Adit              : “Et bentar” (bangun) “Lu mau bawa yogi kemana fer” (kesal)
Ferri             : “Eh lu ngapain disitu?”
Abyan          : “Jangan banyak Tanya fer, gua tau lu ngebujukin yogi buat ngedarin narkoba, cueh” (meludah)
Ferri          : “Sialan lu” (mencoba memukul adit dan abyan)

 (Tiba tiba pak ustad dan bapaknya yogi datang)
Bapak Yogi : “Woy, kurang ajar lu ya fer”
Ferri             : “(menyandra yogi) “Jangan macem macem dengan saya klo macem macem yogi saya bunuh” (menodongkan pistol dikepala yogi)
Pak Ustad   : “Bismillah, AllahuAkbar” (melempar tasbihnya)
Ferri             : “Akhh” (terlempar) “Dorrr, akkhhhhhhhhhhhhh” (pistolnya mengenai perutnya)
Pak Ustad   : “Katakan ferri dimana tempat kamu menyimpan narkoba”
Ferri             : “Di ruangan itu pak usustadd” (kesakitan karena tertembak)
Bapak Yogi : “Biarin pa ustad narkobanya saya yang ngambil” (pergi ke ruangan)
Yogi             : “Pa ustad ferri ketembak”
Pak Ustad   : “Ini adzab dari ALLAH fer tobatlah tobat istiqfar”
Ferri            : “Pak ustad maafin saya, yogi, semuanya saya menyesal, akhh” (mulai sakit teramat)
Bapak Yogi : (membawa narkoba) “Nih pa ustad narkobanya, lihat ampe sigini banyaknya”
Pak Ustad : “Astaqfirullah pegang pak nanti kasih ke pak polisi”
Ferri           : “Ashadu ashdu ashadu”
Pak Ustad : “Ikuti saya, Ashaduallailahailallah”
Ferri           : “Ashaduallailahailallah”
Pak Ustad : “Wa asyhaduanna muhammadarosulullah”
Ferri           : “Wa asyhaduanna muhammadarosulullah,akkhh” –0—
Pak Ustad : “Innalillahi wainnalillahi rajiun”
Epilog : (“Akhirnya ferri meninggal dunia yang sempat mengucap syahadt sebelum meninggal entah tetapi ferri diampuni dosanya atau tidak sama ALLAH SWT, Demikian drama ini mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan maupun menyinggung, terima kasih telah membaca”)
Wabillahitaufik wal hidayah
Wassalamualaikum Wr Wb

--------------- Cerita ini hanyalah fiktif belaka ------------

Tokoh                    : Ferri, Yogi, Abyan, Adit, Febri, Dan Okti.
Tokoh Sampingan : Bapa Yogi, Ibu Yogi, Dan Pak Ustad.
Tokoh Pembantu   : Jaal
Latar Tempat         : Kebun, Rumah, Pos, Ruangan.
Latar Waktu           : Pagi Menjelang Pagi Lagi
Latar Suasana        : Mengerikan
Alur                       : Memuncak
Akhir Cerita          : Tragedy Ending
Disqus Comments