Monday, February 3, 2014

Bagaimana Bintang Bisa Mengganti Warnanya Sendiri


Kalu malam sudah datang, coba lihat ke langit dan tebak warna bintang yang kamu lihat.
Bintang kita Matahari, memiliki warna kuning pucat. berbeda dengan warna bintang lain yang ada di angkasa. kok bisa?

Perbedaan warna bintang tergatung pada suhu yang berbeda-beda. Kita tahu dari pengalaman sehari-hari warna benda bisa berubah kalau suhunya juga berubah. Perhatikan bapak-bapak pengrajin besi. Bila ia memasukan besi kedalam api, saat itu juga besi yang dingin akan berubah menjadi panas. Tak lama kemudian besi berubah warna menjadi merah. Semakin panas besi berubah warna lagi menjadi oranye, lalu putih, dan yang paling panas adalah biru.

Jadi, bintang terpanas dan termuda adalah bintang yang berwarna biru. Bintang tua yang mendingin akan mengeluarkan cahaya merah, dan bintang setengah baya seperti Matahari akan mengeluarkan warna kuning.
Warna Matahari tak akan selamanya kuning. akan ada masanya dia berubah warna menjadi merah. apakah suatu waktu Matahari tidak akan bersinar lagi?
Jawabannya adalah YA. Tetapi kejadian ini masih lama sekali. dengan laju berkurangnya masa Matahari sebesar 4,6 juta ton perdetik, diperkirakan Matahari masih dapat bersinar 5 milyar tahun lagi sebelum akhirnya mengalami kematian.
  
Disqus Comments